Kamis, 09 Maret 2017

Dynamic Trunking Protocol


Dynamic Trunking Protocol (DTP) merupakan sebuah protocol yang dapat dilakukan untuk menegosiasikan interface trunk secara otomatis(dynamic).
Ada beberapa mode yang dapat kita konfigurasikan pada interface switch. Pada lab-lab sebelumnya kitatelah belajar tentang mode access dan trunk. 
Ada dua mode lain yang dapa tkita gunakan,yaitu dynamic auto dan Dynamic desirable.

Jika suatu saat ada switch dengan mode dynamic auto bertemu dengan switch lain dengan mode dynamic desirable, maka link antara kedua switch tersebut akan menjadi trunk. 

Namun jika kedua switch tersebut memiliki mode dynamic auto, maka link antara kedua switch tersebut menjadi access. Karena itulah protocol ini disebut dynamic, karena status dari suatu link dapat berubah-ubah.

Berikut tabel lengkap yang menunjukkan hasil dari pertemuan beberapa mode yang berbeda



Untuk membuktikannya, kita akan praktik beberapa mode yang ada pada tabel diatas menggunakan topologi berikut :


Topologi ini merupakan topologi yang kita gunakan pada lab sebelumnya. Pada lab ini kita akan mencoba untuk memanipulasi mode pada interface Fa0/1SW1sertaFa0/1SW2.Pertamakitacobakonfigurasikandynamicauto pada Fa0/1 SW1 dan dynamic desirable pada Fa0/1 SW2.

SW 1 :



SW 2 :

Sekarang coba lihat status di interface yang mengarah ke sesama switch :

SW 1 : 


 SW 2 :  

Jadi kesimpulan di atas adallah si switch secara otomatis interface trunk nya itu secara dynamic, karena mode auto bertemu dengan mode desirable.

0 komentar:

Posting Komentar