Rabu, 17 Mei 2017

Pengertian Jaringan

Assalamualikum WR.WB

Alhamdulillah ya kembali lagi pada postingan saya, kali ini tentang Pengertian Jaringan pasti dari beberapa kalangan dari kita yang belum tau tentang jaringan, tapi tidak mengapa Guys sama saya juga pertama awal kali saya masuk SMK Madinatul Quran saya bingung sekali saya tidak paham apa itu konsep dari jarinan sendiri tetapi setelah saya Mulai bersekolah saya  telah mengetahui banyak sekali tentang jaringan.

jadi Jaringan atau network adalah kumpulan sebuah perangkat jaringan (network devices) dan perangkat endhost (end devices) yang terhubung satu sama lain dan dapat melakukan sharing informasi serta resources.


Komponen pembentuk jaringan:
 Network devices: hub, bridge, switch dan router.
 End devices: PC, laptop, mobile, dll.
 Interconnection: NIC, konektor, media (cooper, fiber optic, wireless, dll).


 Local Area Network (LAN) merupakan jaringan sederhana dalam satu gedung, kantor, rumah atau sekolah. Biasanya menggunakan kabel UTP. 
 Metropolitan Area Network (MAN) adalah gabungan dari banyak LAN dalam suatu wilayah. 
 Wide Area Network (WAN) adalah jaringan yang menghubungkan banyak MAN antar pulau, negara atau benua. Medianya dapat berupa fiber optic dan satelit. 

OSI LAYER


Adalah standar dalam perangkat jaringan yang membuat berbagai perangkat kompatibel satu sama lain. Ada 7 layer dalam OSI layer, dari bawah layer 1 physical sampai atas layer 7 application.Seorang engineer wajib memahami layer 1 sampai 4 untuk memahami fungsi dan cara kerja perangkat jaringan. 


Pengertian Jaringan DAN Syimbol

Seorang network engineer harus mengetahui berbagai jenis perangkat jaringan dan simbolnya agar dapat membaca topologi jaringan. 



Ada beberapa jenis IP: 

* IP public digunakan untuk mengakses internet. 
* IP private digunakan untuk jaringan local.



oke jadi  seperti itu Gusy, Jadi Jaringan adallah suatu kumpulan jaringan yang dapat saling terhubung sesama lain.....Bagaimana Gusy sekarang sudah tau kan konsep jaringan itu seperti apa ?

Cukup sekian yang dapat saya Postkan semoga bermanfaat bagi Pengunjung....sampai ketemu di Post saya selanjut nya ya.




0 komentar:

Posting Komentar