Senin, 28 Agustus 2017

Pengenalan Juniper

Mengenal JUNIPER


Bismillah pada kesempatan hari ini saya akan sharing sedikit tentang perkenalan Juniper. awal nya saya tertarik dengan juniper karena saya ingin aja belajar perangkat baru ini. menurut saya asik dan dia di bandingkan vendor lain dia lebih ke Security nya, oke langsung aja nih udh gak sabar ingin tau kan juniper itu seperti apa dan dia di ciptakan dari mana asal nya ???, scroll terus ya ke bawah !!!

oke jadi juniper itu, Juniper Netwrok Inc, adalah perusahaan Teknologi Informasi yang bermarkas di Sunnyvale, California. Perusahaan ini mendesain dan menjual layanan dan perangkat-perangkat jaringan IP. Juniper juga mengembangkan OS mereka sendiri Seperti CISCO dengan IOSnya maka Juniper membuat  OS yang berbasis CLI juga, yang di beri nama JUNOS dimana memiliki kepanjangan Juniper Operating System,

Sudah banyak perusahaan – perusahaan ISP, Operator Telphone Celular, dan perusahaan lainnya,menggunakan jasa Juniper.dan Juniper pun mengklasifikasikan produk – produk mereka seperti berikut :

Beberapa jenis seri device yang diproduksi oleh Juniper yaitu: T-Series, M-Series, E-Series, MX-Series, J-Series routers, EX-Series Ethernet Switches and SRX-Series Security. Junos lebih bagus berjalan pada perangkat yang di produksi oleh Juniper.
Klasifikasi model Router Juniper termasuk dalam: M-Series, J-Series, T-Series, E-Series, dan MX-Series.
Dibawah ini beberapa model yang populer sekarang :
  • M-Series: M7i, M10i, M40e, M120, M320
  • J-Series: J2320, J2350, J4350, J6350
  • T-Series: T320, T640, T1600, TX Matrix, TX Matrix Plus
  • E-Series: E120, E320, ERX310, ERX705, ERX710, ERX1410, ERX1440
  • MX-Series: MX80, MX240, MX480, MX960
oke sekarang saya akan menjelaskan satu persatu dari perangkat juniper, pasti anda pusing kan kenapa sih perangkat nya juniper banyak banget seriesnya, oke berikut peljelasan  nya :

1. Kita mulai dari M-Series Router, yang biasa di sebut Multiservice Edge Router. Router ini dirancang khusus untuk perusahaan Corporate seperti Service Provider Network, dengan 7 Gbit/s up to 320 Gbit/s of throughput, M40 router adalah product pertama yang di rilis pada tahun 1998.

2. Kedua adalah J-Series Router, Router  kelas Enterprise ini yang disebut Modular Router ini banyak di gunakan oleh perusahaan – perusahaan Nasional yang memiliki banyak cabang, dimana router seri “J” ini bisa mengolah data untuk Server, VoIP, Remote Access, CRM/  ERP / SCM dll, memberikan troughput yang stabil dengan fleksibelitas dan menambahkan fitur – fitur canggih untuk routing, QOS, Security, dan manajement perfomance.


3. Selanjutnya ialah E-Series Router, Router jenis ini sangat cocok dipakai untuk Routing protocol dimana mendukung BGP-4, IS-IS, OSPF dan RIP, Seri ini juga ideal digunakan untuk Penyedia layanan dengan operasi kapasitas yang tinggi POPs.
Type terakhir dari artikel saya sebagai anak santri yang jago IT dan juga pinter ngaji...asiikkk, !!! adalah MX-Series dari Juniper dirancang untuk meningkatkan inisiatif TI terdepan untuk penggabungan data center, virtualisasi server dan kesinambungan teknologi informasi.  Di mana menyediakan kemampuan hi port -density routing dan switching yang memungkinkan penghematan daya listrik, ruang, serta biaya pendinginan hingga 50 persen.


oke mungkin ini aja dari aku yang bisa shareing tentang perangkat2 di juniper...owh iya kalo pengen mengenal juniper lebih dalam silahkan di tunggu ya artikel-artikel saya berikut nya tentang juniper.

assalamualikum wr.wb.......














0 komentar:

Posting Komentar